Jumat, 15 April 2011

VITAMIN

Vitamin pada umumnya dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok,yaitu vitamin yang larut dalam lemak yakni vitamin A,D,E,K : serta vitamin yang larut dalam air yakni vitamin B dan vitamin C

Vitamin A
vitamin A memiliki beberapa bentuk,diantaranya adalah vitamin A,vitamin A asetat, vitamin A palmitat.
Vitamin A alkohol atau akseroftol mudah dioksidasi oleh udara atau oleh senyawa oksidator lainnya dan peka terhadap sinar,sedangkan ester vitamin A relatif lebih stabil terhadap oksidasi.

Vitamin D
Dari beberapa vitamin D, dua diantaranya dianggap paling penting yaitu D2(ergo kalsiferol) dan vitamin D3 (kole kalsiferol). Struktur kedua vitamin ini sangat mirip. vitamin D2 banyak terdapat dalam bahan nabati, sementara D3 banyak terdapat dalam minyak ikan hati.

Vitamin E
Vitamin E merupakan salah satu vitamin yang larut dalam lemak. keaktifan vitamin E dalam beberapa senyawa tokoferol berbeda. Dikenal alfa;beta;gamma;dan delta-tokoferol. alfa-tokoferol menunjukkan keaktifan vitamin E yang paling tinggi.vitamin E banyak terkandung di dalam kedelai,telur,bayam,tomat,brokoli dan dark chocholate.

Vitamin K
 K=koagulation,yang artinya pembekuan. Vitamin K berperan dalam proses pembekuan darah apabila terjadi trauma pada tubuh. Vitamin K bersifat tahan panas, tetapi akan segera rusak apabila terpapar senyawa asam, basa, dan cahaya matahari. Pada manusia vitamin K didapat dari nutrisi asupan makanan dan mikroflora pada saluran pencernaan. Di dalam hati, vitamin K dibutuhkan untuk mengaktivasi protrombin dengan reaksi karboksilasi gugus Glu pada residu protein prekursornya. Asam glutamat yang mengalami reaksi karboksilasi akan berubah menjadi asam karboksiglutamat gamma.
 vitamin ini ditemukan dalam sayuran hijau seperti bayam,brokoli,katuk,kol,slada,dll.

Vitamin B
Vitamin B adalah 8 vitamin yang larut dalam air dan memainkan peran penting dalam metabolisme sel. Dalam sejarahnya, vitamin pernah diduga hanya mempunyai satu tipe, yaitu vitamin B (seperti orang mengenal vitamin C atau vitamin D). Penelitian lebih lanjut menunjukkan bahwa komposisi kimia didalamnya membedakan vitamin ini satu sama lain dan terlihat dalam contohnya dalam beberapa makanan. Suplemen yang mengandung ke-8 tipe ini disebut sebagai vitamin B kompleks. Masing-masing tipe vitamin B suplemen mempunyai nama masing-masing (contoh; B1, B2, B3).
daftar vitamin B
  • Vitamin B1 (tiamin)
  • Vitamin B2 (ribloflavin)
  • Vitamin B3,(niasin, termasuk asam nikotianat dan nikotinamida)
  • Vitamin B5 (asam pantotenat)
  • Vitamin B6 (piridoksin)
  • Vitamin B7, juga dikenal sebagai vitamin H (biotin)
  • Vitamin B9, juga dikenal sebagai vitamin M dan vitamin B-c (asam folat)
  • Vitamin B12 (kobalamin)

Vitamin C
Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.
Vitamin ini juga dikenal dengan namakimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Vitamin C termasuk golongan vitamin antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular. Beberapa karakteristiknya antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Buah-buahan, seperti jeruk, merupakan sumber utama vitamin ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar