Jumat, 18 Maret 2011

kebutuhan bakteri

Bakteri yang sering identik dengan penyakit itu ternyata juga punya kebutuhan kayak manusia lhuw ...
apa aja yang dibutuhin bakteri selama hidupnya??check it out...:)
1. Nutrisi
    yang namanya makhluk hidup pasti butuh makan,nha bakteri ada yang bisa membuat makananya sendiri tapi ada juga yang tidak. bakteri yang bisa menghasilkan makanan dari proses perubahan unsur anorganik di alam seperti C,O,dan H menjadi bentuk yang lebih kompleks yaitu menjadi karbohidrat dan protein sebagai bahan baku metabolismenya. sedangkan bakteri yang tidak menghasilkan makanan sendiri biasanya membutuhkan suatu media selama hidupnya.
2. tempat tinggal
 bakteri itu juga kayak manusia yang butuh tempat yang nyaman,nha kriteria nyaman untuk bakteri ini kadang-kadang agak rewel juga,contohnya mereka butuh pH yang sesuai,suhu yang stabil, dan tekanan osmose yang sesuai dari lingkungan sekitarnya. jika salah satu kriteria tadi tidak terpenuhi maka bisa mengancam kehidupan bakteri.
3. Senjata
jangan dibayangin senjata yang dimiliki bakteri ini kayak samurai ato senapan yaa..hehehehe
yang dimaksud senjata disini adalah bagian tubuh dari bakteri itu sendiri yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya(biasa disebut organella).
organella yang dimiliki oleh bakteri ini bermacam-macam jenisnya, ada flagell yang fungssinya sebagai alat bergerak,kapsul yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari kekeringan,spora yang bisa sebagai tameng bakteri saat keadaan tidak menguntungkan,dan ada juga phili yang berfungsi sebagai alat perlekatan.


okey sekian dulu ya soal kebutuhan2 bakteri,besok aq mau cerita tentang bakteri yang jahat dan yang baik. kalau ada kekurangannya mohon dimaafkan ya.... :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar